Bak Mandi Air Panas Untuk Lansia: Manfaat, Dampaknya, Tips Keamanan & Lainnya!

Sebelum menggunakan bak mandi air panas, sebaiknya para lansia selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ada banyak manfaat yang terdokumentasi termasuk menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, mengurangi nyeri rematik, dan tidur lebih nyenyak.

Ahhh…. terkadang tidak ada yang lebih baik daripada berendam di air panas. Apakah saya benar? Bahkan otot yang sudah tua pun bisa mendapatkan manfaat dari berendam di bak mandi air panas.

Namun seiring bertambahnya usia, penggunaan bak mandi air panas menjadi lebih berbahaya karena kondisi medis, masalah mobilitas, dan risiko terjatuh. Jadi, berdasarkan penelitian saya, artikel ini menguraikan pro dan kontra penggunaan bak mandi air panas untuk lansia.

Tentu saja, Anda harus membicarakan hal ini dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu. Terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau memiliki masalah kesehatan apa pun.

Baca terus untuk mengetahui kedua sisi persamaan dalam hal bak mandi air panas untuk manula dan apakah bak mandi air panas harus menjadi bagian dari hidup Anda atau tidak.

Pertama, Haruskah Lansia dan Lansia Menggunakan Bak Mandi Air Panas?

Sebenarnya ada beberapa penelitian yang menunjukkan ada beberapa potensi manfaat kesehatan yang sangat baik dari rutin menghabiskan waktu di bak mandi air panas.

Ini tidak harus menjadi praktik sehari-hari. Namun, menikmati bak mandi air panas beberapa kali seminggu atau bahkan beberapa kali dalam sebulan, dapat memberikan beberapa perbedaan yang mencolok.

Baca juga.

Menghilangkan Stres

Manfaat nyata dan utama pertama adalah menghilangkan stres. Stres adalah hal yang sangat berbahaya. Ini memiliki efek fisik yang kuat pada tubuh.

Lebih buruk lagi, kita semua pernah mengalami stres yang menyebabkan rasa sakit, kemudian rasa sakit menyebabkan lebih banyak stres, yang justru semakin menambah rasa sakit. Itu adalah lingkaran buruk yang bisa terjadi, jadi apa pun yang dapat memutus siklus tersebut sering kali akan menjadi nilai tambah.

Lebih Sedikit Stres = Menurunkan Tekanan Darah

Menghilangkan stres juga bukan sekadar perasaan. Institut Kesehatan Nasional (NIH) menerbitkan penelitian yang sering dikutip yang menunjukkan bahwa hanya 10 menit berendam di bak mandi air panas menyebabkan banyak orang berusia antara 46 dan 83 tahun mengalami penurunan tekanan darah yang sangat nyata.

Ini juga bukan penurunan kecil. Ini adalah penurunan nyata yang sering kali menurunkan tekanan darah dari hipertensi ke kisaran yang lebih sehat.

Jadi mereka yang berada di bak mandi air panas tidak hanya merasa lebih baik, namun angka-angka tersebut tampaknya mendukung fakta bahwa angka kesehatan mereka jauh lebih baik.

Mengurangi Ketegangan Otot

Selain itu, menghabiskan waktu di bak mandi air panas juga digunakan sebagai cara untuk membantu mengendurkan otot yang nyeri.

Hal ini dapat menurunkan nyeri punggung yang berhubungan dengan ketegangan otot. Atau, sekadar membantu mengurangi nyeri umum yang timbul akibat otot yang nyeri atau stres. Panas melemaskan otot-otot dan mendapatkan panas melalui bak mandi air panas memberikan panas lembap yang sangat menenangkan dan memiliki beberapa manfaat.

Mengurangi Nyeri Radang Sendi

Berbagai penelitian dari The Arthritis Foundation menunjukkan bahwa penggunaan bak mandi air panas dapat membantu mengendurkan sendi yang kaku. Ini bahkan bisa mengurangi rasa sakit akibat radang sendi.

Baca juga.

Manfaat Bak Mandi Air Panas untuk Lansia

Singkatnya, kelebihan penggunaan bak mandi air panas sesekali meliputi:

  • Meringankan sakit punggung
  • Melonggarkan sendi rematik dan membantu mengurangi nyeri akibat artritis
  • Rilekskan rasa sakit & nyeri dasar
  • Darah rendah
  • Mengurangi stres
  • Mempromosikan tidur yang lebih nyenyak dan menyegarkan

Namun, bukan berarti obat ini cocok untuk semua orang lanjut usia. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang beberapa potensi bahaya.

Oke, Tapi Apakah Ada Dampak Negatif dari Penggunaan Bak Mandi Air Panas?

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat menggunakan bak mandi air panas.

Meskipun saya adalah penggemar beratnya, dan banyak orang lainnya juga demikian, hal itu tidak berlaku untuk semua senior.

Masalah Kesehatan Fisik

Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat menimbulkan kejutan pada sistem yang menyebabkan peningkatan detak jantung sementara. Dan, bagi lansia yang memiliki tekanan darah sangat tinggi atau tekanan darah sangat rendah, hal ini justru bisa berbahaya.

Jika Anda memiliki masalah tekanan darah atau irama jantung, konsultasikan dengan dokter Anda bahkan sebelum memasukkan jari kaki ke dalam bak mandi air panas. Kehati-hatian selalu penting.

Pemeliharaan dan Biaya Bak Mandi Air Panas

Ada juga pertanyaan tentang pemeliharaan.

Salah satu bagian dari memiliki bak mandi air panas adalah memastikannya dirawat dengan baik. Karena bak mandi air panas memiliki banyak panas dan kelembapan, bak mandi air panas dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar.

Itu adalah situasi yang berbahaya.

Kapan Lansia Harus Menghindari Bak Mandi Air Panas

Ada kondisi medis tertentu yang tidak sesuai dengan penggunaan bak mandi air panas.

Lansia yang menderita diabetes, masalah paru-paru kronis, penyakit jantung, masalah tekanan darah, atau mengonsumsi obat resep jenis tertentu sebaiknya tidak menggunakan bak mandi air panas (maaf atas kabar buruknya). Penting untuk berbicara dengan dokter untuk mengetahui apakah ada obat yang Anda minum yang mendiskualifikasi Anda dari penggunaan bak mandi air panas.

Lansia yang menderita diabetes, masalah paru-paru kronis, penyakit jantung, masalah tekanan darah, atau mengonsumsi obat resep jenis tertentu sebaiknya tidak menggunakan bak mandi air panas (maaf atas kabar buruknya). Penting untuk berbicara dengan dokter untuk mengetahui apakah ada obat yang Anda minum yang mendiskualifikasi Anda dari penggunaan bak mandi air panas.

Pertimbangan penting lainnya adalah mobilitas.

Area di luar bak mandi air panas akan basah dan licin. Anda ingin berhati-hati jika Anda tidak memiliki keseimbangan yang baik. Atau jika Anda khawatir tentang menjaga pijakan Anda saat masuk dan keluar dari bak mandi air panas.

Tip Keamanan Bak Mandi Air Panas untuk Lansia

Meskipun saya pribadi suka berendam di bak mandi air panas, masih banyak tindakan pencegahan yang saya lakukan untuk menjaga keamanannya.

1. Temui Dokter Terlebih Dahulu

Pertama-tama, jika Anda tidak yakin apakah sebaiknya menggunakan bak mandi air panas atau tidak, silakan temui dokter terlebih dahulu! Pengalaman yang menyenangkan tidak pernah sepadan dengan mempertaruhkan hidup Anda.

2. Pasang Rel Tangan Pengaman

Kedua, jika bak mandi air panas yang Anda gunakan (atau beli) tidak dilengkapi dengan rel pengaman, bayarlah untuk memasangnya! Tidak pernah ada alasan untuk melewatkan bagian ini. Kita semua pernah mengalami banyak kesalahan atau kejatuhan dalam hidup. Memiliki pegangan tangan ekstra untuk menstabilkan diri Anda saat dek atau area sekitarnya licin bisa menjadi penyelamat hidup. Ini hanyalah salah satu hal kecil yang dapat membuat perbedaan, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya!

3. Kemudahan dalam Melakukannya

Juga, jangan terburu-buru. Jika Anda belum terlalu sering mandi air panas atau sudah lama sekali, hal ini mungkin akan membuat Anda kewalahan pada awalnya. Pertama kali Anda tidak perlu tinggal lebih dari 5-10 menit dan mungkin tidak seharusnya. Anda tidak perlu tinggal lebih dari 30 menit. Luangkan cukup waktu untuk bersenang-senang, bersantai dan bersantai, dan jangan takut untuk meninggalkan saat Anda merasa tidak nyaman (atau idealnya – sebelum mencapai titik itu)!

4. Jangan Pernah Menggunakan Bak Mandi Air Panas Sendirian

Terakhir, jangan gunakan bak mandi air panas sendirian. Selalu ada orang lain di sana. Pertama-tama, bak mandi air panas adalah pengalaman yang luar biasa untuk dibagikan. Kedua, dengan cara ini jika terjadi kesalahan, ada seseorang yang bisa membantu. Sistem pertemanan berfungsi untuk banyak hal dalam hidup dan berendam di bak mandi air panas adalah salah satu saat di mana hal ini juga terjadi.

Cara Aman Masuk dan Keluar dari Bak Mandi Air Panas

Banyak upaya untuk menciptakan lingkungan yang aman di sekitar bak mandi air panas adalah persiapan. Dengan memastikan bak mandi air panas dilengkapi dengan tangga, dengan pegangan tangan yang menopang, dengan lebih dari satu titik masuk dan keluar yang aman, Anda memastikan bahwa ada banyak pilihan setiap kali Anda masuk atau keluar dari bak mandi.

Mengetahui di mana tempat teraman untuk masuk sangatlah penting. Selanjutnya adalah selalu mewaspadai area tersebut. Jika Anda akan masuk ke dalam bak mandi air panas dan ada orang lain yang sudah terlebih dahulu masuk ke dalamnya, sebaiknya gunakan handuk di dekat Anda untuk menyeka bagian sampingnya dan menjaga air yang keluar agar Anda tidak terpeleset saat masuk.

Terakhir, jangan terburu-buru. Bak mandi air panasnya tidak ada di mana pun, jadi jangan khawatir untuk meluangkan waktu dan berhati-hati agar tetap aman. Bagian utama dari pengalaman mandi air panas adalah menghilangkan stres dan bersantai, jadi mengapa terburu-buru?

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa saja Jenis Bak Mandi Air Panas yang Berbeda?

Meskipun ada banyak merek berbeda di luar sana, sebagian besar model bak mandi air panas termasuk dalam salah satu dari dua jenis: bak mandi air panas portabel atau bak mandi air panas di dalam tanah. Ini dapat dibuat dari berbagai macam bahan dan desain, karena struktur pendukung di sekitar bak mandi air panas juga sangat bervariasi.

Ini bisa sangat berbeda satu sama lain dan oleh karena itu penting untuk melakukan sedikit riset jika Anda ingin membeli bak mandi air panas untuk memastikan Anda mendapatkan desain ramah lansia yang sesuai dengan kebutuhan dan mobilitas Anda.

Berapa Biaya Membeli dan Memiliki Bak Mandi Air Panas?

Biaya rata-rata bak mandi air panas di muka, perlu diingat bahwa ini dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis, layanan, dll, adalah $3500 hingga $8000 di muka selama pemasangan. Setelah investasi awal yang besar, pengeluarannya cenderung cukup nominal. Beban utilitas tambahan untuk menjaga air tetap panas rata-rata sekitar $22-35 per bulan, sedangkan biaya perawatan kimia, pemeliharaan, dan penggantian air setiap 2-3 bulan mencapai sekitar $10-20 per bulan jika Anda menghitung rata-ratanya. itu keluar lebih dari setahun.

Filter bak mandi air panas perlu diganti setiap 1-2 tahun dan biayanya rata-rata $50-75 per pop. Biaya yang sangat besar ada di muka, tetapi jika Anda memutuskan benar-benar menginginkan bak mandi air panas dan bersedia melakukan investasi tersebut, biaya lainnya cukup ringan dan tidak terlalu besar jika dibandingkan.

Kemungkinan juga akan ada biaya asuransi tambahan, namun hal ini sekali lagi masuk akal dan akan mengejutkan jika biayanya lebih dari $20-30 per bulan.

Kondisi Apa yang Dapat Dibantu dengan Mandi Air Panas?

Seperti disebutkan sebelumnya, bak mandi air panas memiliki banyak potensi manfaat positif. Yang utama adalah kemampuan mengurangi stres, tekanan darah, dan rasa sakit. Fakta bahwa pereda nyeri dapat dirasakan oleh kita yang menderita radang sendi atau bagi kita yang hanya mengalami banyak nyeri otot menjadikan pengobatan ini semakin menarik.

Stres yang lebih sedikit, tekanan darah yang lebih baik, dan mobilitas yang lebih baik adalah kombinasi manfaat yang luar biasa, dan fakta bahwa semua manfaat tersebut dapat diperoleh tanpa pil hanyalah bonus tambahan!

Bak Mandi Air Panas Apa yang Paling Mudah untuk Masuk dan Keluar?

Ada beberapa pemandian air panas yang sedikit lebih mudah dibandingkan yang lain, tetapi hal ini sebenarnya dapat berubah sedikit dari tahun ke tahun. Ada model seperti J-315 yang dirancang khusus untuk warga lanjut usia dan oleh karena itu dirancang sebagai salah satu model yang paling mudah untuk masuk atau keluar.

Namun, banyak model yang dapat dibuat lebih baik dengan penambahan hal-hal seperti tangga, tangga bak mandi air panas, dan pegangan pengaman tambahan. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan mana yang terbaik karena banyak model yang dapat dibuat lebih baik. Namun demikian, cobalah menghindari model di luar tanah yang tinggi di semua sisi dengan hanya satu tangga yang harus dinaiki untuk masuk. Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk membuatnya lebih mudah atau aman, namun sebagian besar model lainnya dapat ditingkatkan dengan sedikit perhatian dan kasih sayang dan beberapa pembelian cerdas.

Jenis Bak Mandi Air Panas Apa yang Terbaik untuk Lansia?

Hal terbaik di sini adalah mencari perusahaan yang senang melakukan penyesuaian. Semakin mereka bersedia bekerja sama dengan Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan bak mandi air panas yang dirancang khusus dan sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Jika sebuah perusahaan tidak mau menyesuaikan apa pun, kemungkinan besar mereka tidak ramah terhadap senior.

Saat tulisan ini dibuat, ThermoSpas, Marquis, Cal Spas, dan Jacuzzi adalah nama-nama yang sangat populer dengan reputasi baik dan masih memiliki keterbukaan untuk membuat opsi khusus untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda. Meskipun ini selalu merupakan awal yang baik ketika Anda melakukan penelitian, carilah orang yang paling bersedia bekerja dengan Anda. Itu hampir selalu menghasilkan hasil akhir yang lebih baik.

Ringkasan: Jadi Apa Arti Semua Ini?

Singkatnya, ini berarti bahwa meskipun bak mandi air panas dilarang bagi beberapa lansia dengan kondisi medis tertentu, ada banyak alasan bagus bagi kita semua untuk mempertimbangkan untuk memiliki bak mandi air panas sendiri.

Selain semua manfaat yang disebutkan, ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang memiliki tempat di rumah Anda di mana Anda dapat bersantai dan bersantai, dan bak mandi air panas yang bagus pasti memberi Anda hal itu! Silahkan hubungi kami via WhatsApp dimana kami menawarkan pemanas air tenaga surya dan kami juga menawarkan Wika heat pump dari Wika Water Heater Official.

Share this article

Solar Water Heater

Related articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Tidak ada kiriman yang ditampilkan

Promo Wika
Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami